Keunggulan Processor AMD dibandingkan Intel

source : pixabay

Tak bisa di pungkiri, jika kita berbicara tentang komputer atau leptop tidak akan lepas dari processor yang di gunakan. Pemkembangan processor baik AMD dan Intel mengalami kenaikan yang signifikan tiap tahunnya. PErsaingan diantara mereka berdualah yang membuat pasar processor baik PC maupun letop menjadi bergairah dengan banyak tawaran produksa dengan berbagai processor. Jika Kalian seorang pecandu game, pasti kalian tidak asing dengan namanya processor AMD, tapi tidak sedikit pasar Intel Juga berbpengaruh. Sebenarnya apa kelebihan dan kekurangan processor AMD dibandingkan dengan Intel.

Kelebihan Processor AMD

Saya jawab sesuai kondisi saat ini maret 2020. Karena keunggulan bisa berubah seiring waktu. Saya juga lihat jawaban tidak relevan dengan yang ada saat ini:

  1. AMD yg fabless (tanpa pabrik) menyerahkam fabrikasi ke TSMC, dengan kemampuan 7nm. Artinya jumalh transistor dalam 1 die silicon bisa lebih banyak, dengan konsumsi daya lebih kecil. Intel masih menggunakan fabrikasi 14nm dan kewalahan dengan 10nm, dan hal ini sudah berlangsung 4tahun.
  2. Saat zen generasi 1. AMD hanya unggul di score multicore, tp pada saat ini dengan Zen2. Baik score multicore dan single core AMD mayoritas lebih baik. Dengan konsumsi daya lebih kecil.
  3. Konsumsi daya processor AMD zen1, zen+, & zen2 sesuai spesifikasi, bila spesifikasi mengatakan 95watt berarti processor akan memakan daya 95watt saat boost clock sesuai stadar pabrikan (tidak overclock). Tidak begitu dengan processor Intel, 135watt TDP akan bisa memakan daya >200watt pada saat boost clock standar pabrikan. Semuanya diserahkan pada produsen motherboard.
  4. Jumlah PCIe lane lebih banyak untuk mengakomodir peripheral dengan kecepatan lebih cepat. Apalagi dengan dukungan PCv4.


Kelemahan Processor AMD

Kelemahan AMD juga ada saat ini, tapi saya akan menyebutkan 2 yg paling utama:

  1. Pada seri processor mobile/notebook konsumsi daya AMD lebih besar, apalagi ketika idle. mungkin dikarenakan driver ataupun support OS yg masih tertinggal. Walau dari segi performa dan konsumsi daya saat full load saat ini AMD juara.
  2. Pada kelas server, processor AMD masih belum bisa menggantikan intel, karena mungkin AMD tidak pernah lama memegang juara performa dan konsumsi daya. Saat terakhir AMD memegang posisi juara ketika Athlon64, dan hanya versi desktop. Tapi ketinggalan versi mobile dan high end server. Saat ini processor threadripper AMD lebih unggul, tapi belum banyak digunakan produsen enterprise server.


Kesimpulan:

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan processor AMD yang bisa menjadikan sebagai acuan processor apa yang tepat untuk pc atau leptop kalian serta cocok dengan kondisi keuangan kalian.
dediin2
dediin2 I am a human child who strives to be better for myself and my family. Try as much as possible when you can still try, never give up because of a failure.

Post a comment for "Keunggulan Processor AMD dibandingkan Intel"