Tips Ngeblog Jitu Untuk Pemula


Tips Menulis Blog
source: pixabay
Ketika berbicara tantang bagaimana menulis blog yang paling pertama harus kita lakukan adalah menentukan siapa kah target pembaca blog kita, misalnya orang tua, anak muda bahkan anak-anak, dan juga kita juga harus seberapa luas cakupan pembaca kita, maksudnya adalaha apakah blog itu bersifat regional (tulisan anda di tulis menggunakan bahasa regional misalnya bahasa Indonesia berarti tulisan anda akan di nikmati oleh orang-orang yang mengerti bahasa Indonesia) atau bersifat internasional (tulisannya menggunakan bahasa internasional seperti bahasa Inggris).

Saya belum menemukan aturan yang pasti mengenai hal ini karena setiap blog yang menyajikan artikel tentang hal ini mereka menyajikan tips dan tutorial yang berbeda satu sama lain, tapi apa yang mereka sajikan bisa menjadi acuan kalian bagaimana menulis baik dan benar menurut versi kalian sendiri. Dan setelah membaca beberapa artikel mengenai masalah penulisan blog, saya bisa simpulkan dalam menulis sebuah artikel blog kita harus memperhatikan beberapa bagian yang pentng diantaranya:

1.Riset keyword

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menulis blog adalah riset keyword. Jika Anda menulis dengan tujuan mendapat lebih banyak klik, maka ini harus Anda lakukan. Keyword adalah kata yang menjadi penentu pencarian orang-orang saat mereka ingin mencari sesuatu di mesin pencari. Misalnya Anda ingin mencari cara diet yang bisa menurunkan berat dalam sebulan. Anda akan menulis di Google semacam ini, “Cara diet sukses dalam sebulan”. Penentuan keyword adalah trik paling dasar untuk mengoptimasi blog Anda. Jika Anda ingin artikel Anda menduduki page pertama Google, keyword adalah komponen yang tak bisa ditinggalkan.

Cara menentukan keyword yang tepat adalah dengan menelaah ide-ide kata yang mungkin diicari oleh para user. Misalnya tema blog Anda adalah kesehatan. Bayangkan apa yang akan membuat orang-orang mengklik blog Anda. Informasi macam apa yang ingin mereka baca. Cara lainnya adalah menggunakan tools. Ada beberapa tools riset keyword yang sedang ramai saat ini.

2.Riset konten

Berikutnya adalah riset isi blog Anda. Saat menulis artikel dengan bahasan umum, Anda mungkin bisa melogikanya sendiri. Akan tetapi jika Anda mengangkat tema mendalam, riset isi tidak boleh disepelekan. Sumber riset harus ada banyak. Mulai dari berita, buku, hingga jurnal. Untuk bahasan-bahasan yang membutuhkan penguatan teori/fakta, riset isi adalah cara terbaik menjaga konten blog Anda tetap valid. Ingat, jangan menulis blog dengan tujuan uang semata. Pikirkan juga apakah pembaca teredukasi dengan konten Anda.

3.Riset traffic

Penting untuk mengetahui motif pengunjung mengklik blog Anda. Tujuannya untuk mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan saat mendatangi blog. Riset ini, pada akhirnya nanti, akan memudahkan Anda mencaritahu keyword yang paling profitable. Cara termudah meriset traffic adalah dengan survei. Ada banyak tools survei yang bisa dimanfaatkan sekarang, seperti Google Form, Survey Monkey, dan sebagainya.

Jadi ketiga riset ini menggambarkan satu siklus seperti ini: keyword - konten - pengunjung - kembali ke keyword.  Yang paling penting dari kesmua ini adalah buatlah blog anda itu unik sehingga orang ketika membuka blog anda merasa juga terhibur karena gaya penulisan yang unik, memang untuk membuat keunikan tak segampang membalikkan tangan tapi semua itu bisa kalian mulai dari awal misalnya contoh paling gampang adalah kalian menggunkan kata aku atau bro bahkan mamen. Semangatlah buat artikel yang kreatif, bermanfaat dan unik sobatku.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Ngeblog Jitu Untuk Pemula"

Post a Comment

Give your best comments and for comments that use the unknown name will not approved.