Komputer, Rakit Sendiri atau Beli Jadi

Rakit Komputer Sendiri atau Beli Jadi
source:pixabay

Komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi atau data baik itu untuk menyimpan, mengambil, dan mengolah data. Berbicara tentang pembelian komputer bagi para penyuka komputer itu itu akan sangat tergantung kebutuhan, pengalaman, mau praktis atau tidak dan yang paling penting adalah dana. Meskipun begitu semua pertanyaan akan berbalik kepada anda. Semuanya tergantung seberapa jauh kamu mau ribet.

Kalau beli jadi, kamu hanya perlu memikirkan tipe prosesor, kapasitar RAM dan harddisk, dan tipe kartu grafisnya tanpa perlu memilih dari sekian banyak merk dan spesifikasi. Paling-paling hanya agak ribet kalau sistem operasinya harus pasang sendiri, kalian bisa memanfaatkan video yang tersedia bebas di Youtube untuk permasalahan ini. Sedangkan, kalau mau rakit sendiri juga sebenarnya tidak ribet-ribet amat. Kamu tinggal tetapkan dana, lalu lihat saja daftar rakitan yang sudah dibuat orang-orang di forum-forum komputer. Setelah memilih, kamu tinggal pesan dari toko komputer favorit kamu, dan tinggal dirakit. Merakitnya juga mudah, karena bentuk colokan setiap komponennya berbeda, jadi tidak akan salah pasang. Mana yang lebih baik kalau kamu memang bisa merakit? Jauh lebih baik rakit sendiri.

Berikut beberapa pembeda merakit komputer sendiri dengan membeli jadi :

1.Beli komputer jadi:

  • komputer datang, nyalakan, pakai sampai akhirnya lemot dan tidak cukup kuat lagi.
  • Kalau rusak, bawa ke tokonya untuk diperbaiki.
  • Tidak pusing.
  • Susah untuk upgrade. Komputer jadi yang bermerk seperti Acer, HP, Lenovo dsb biasanya punya desain dan spesifikasi tidak standar, sehingga kalau misalnya power supply rusak, tidak bisa diganti dengan power supply dari komputer biasa.
  • d. Harga jual kembali rendah.

2. Rakit sendiri:

  • Harus memilih dari sekian banyak merek, tipe, frekuensi, kapasitas, dan lain sebagainya.
  • Harus menunggu komponennya datang satu persatu.
  • Harus memikirkan tata letak komponen dan kabel-kabel.
  • Sistem operasi, driver, dan perangkat lunak lainnya harus pasang sendiri.
  • Kalau ada masalah, harus cari tahu masalahnya di mana. Setiap komponen harus dites satu per satu. Kadang perlu komputer lain untuk bantu tes.
  • Enaknya, setelah ketemu masalahnya di mana, mengatasinya jadi mudah, tidak perlu keluar uang banyak.
  • Upgrade komponen mudah, karena semuanya sudah standar.

Jika menginginkan komputer instan dan rakitan pabrik, pastinya akan lebih baik jika kita beli yang sudah jadi, tp jika kita ingin yang benar2 custom dan lebih leluasa memilih spesifikasi, ada baiknya merakit sendiri, tapi konsekuensi dari merakit sendiri adalah dibutuhkannya waktu lebih untuk memilih dan mengumpulkan komponen yang akan kita rakit. Tentunya itu kembali kepada Anda sendiri, karena setiap keputusan pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Komputer, Rakit Sendiri atau Beli Jadi"

Post a Comment

Give your best comments and for comments that use the unknown name will not approved.