Kecerdasan Buatan vs Manusia

Kecerdasan Buatan vs Manusia
source image : pixabay.com

Perkembangan teknologi yang dicipatakan manusia semakin lama semakin canggih dan beberapa tahun ini banyak perusahaan teknologi yang besaing membuat kecerdasan buatan. Kalian mesti tak asing lagi dengan kata kecedasan buatan. Siapa sih pencipta kecerdasan buatan, pasti kalian taulah manusia itu sendiri. Bisa dipastikan bahwa manusia yang menciptakan kecerdasan buatan itu bukanlah manusia bisa tapi luar biasa, karena dalam menciptakan itu mereka harus melakukan penelitian yang mendalam dab berkali mungkin bisa sampai jutaan penelitian untuk sampai kesimpulan seperti apa kecerdasan buatan itu. Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa di atur dalam kontekx ilmiah atau bisa disebut intelegensi artifisial (bahasa inggris: Artificial Intelligence) atau hanya disingkat AI, didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah (source: wikipedia)

Harga yang harus dibayar para pecipta kecerdasan buatan tidak lah murah, mereka banyak mengorbankan apapun yang mereka punya untuk proyek ini. Kecerdasan buatan sering di uji cobakan ke berbagai kasus, dan dalam kecerdasan buatan hampir seperti otak manusia yang mampu belajar dari apa yang dia pelajari. Misalkan contoh kecerdasan buatan melawan manusia dalam segi permainan catur. Kemungkinan untuk beberapa pertandingan mereka akan kalah, tapi dari kekalahan itu di pelajari oleh kecerdasan buatan untuk pertandingan selanjutnya dan kemungkinan besar setelah beberapa kali mungkin manusia itu tak akan bisa mengalahkannya dan mungkin itu tidak akan membutuhkan waktu lama. Kenapa bisa seperti itu? Karena kecerdasan buatan mampu mempraktikan berbagai metode atau trik dalam sekali proses, tidak cuman satu atau 10 trik tapi bahkan bisa jutaan trik dalam sekali permainan. Pasti kalian akan bilang woow, kalau tidak ya mungkin kalian lebih pintar dari kecerdasan buatan itu hehhehe.

Kecerdassan buatan sudah banyak menggantikan peran manusia terutama sektor industri, kalian bisa melihat baik di tv maupun media sosial lainnya, peran manusia sudah tergantikan hampir diatas 50%, contohnya perusahan perakitan mobil. Di lingkungan masyarakat hal paling mudah adalah saat kalian belanja online. pada saat kalian mengetikan kata kunci apakah barang yang direkomendasikan kepada kalian di lakukan oleh manusia? berapa puluh atau ribuan manusia yang sudah tergantikan perannya oleh kecerdasan buatan mereka sendiri? Akankah manusia akan kalah bersaing dengan kecerdasan buatan yang beribu kali bahkan berjuta kali lebih pintar dari manusia itu sendiri?

Manusia juga bekerja sama dengan kecerdasan buatan untuk hal yang tidak mungkin manusia jangkau, seperti menemukan penyakit yang diidap manusia bahkan obat yang bisa untuk mencegah dan mengobati penyakit itu. Kecerdasaan buatan dan kecerdasan manusia pada hakekatnya adalah sebuah anugerah, mau ke arah mana kedua kecerdasan itu berakhir akan bergantung pada bagaimana kita memanfaatkannya. Bijaklah dalam segala hal baik itu tentang diri kalian sendiri maupun teknologi yang kalian gunakan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kecerdasan Buatan vs Manusia"

Post a Comment

Give your best comments and for comments that use the unknown name will not approved.